Laman

    • RSS
    ............................TIPS-TRIK-CAMPURAN..............................FATHUL-KHAER..............................TIPS-TRIK-CAMPURAN........................
    Loading...

    Language

    Rabu, 06 Agustus 2014

    Mambangun Usaha Warnet

    in Tips-Trik Campuran
    Usaha warnet (warung internet) saat ini sedang sedang marak di Indonesia terutama dengan munculnya provider-provider game online yang saat ini jumlahnya puluhan dan provider-provider ini pun menyediakan berbagai macam game-game online yang dapat dimainkan secara free to play alias gratis.
    Untuk membangun usaha warnet ini paling tidak Anda harus mengetahui beberapa hal penting di bawah ini untuk menunjang usaha anda agar dapat maju dan menguntungkan.
    1. Komputer / Personal Komputer
    Komponen ini adalah perangkat yang paling penting di dalam usaha Warnet. Untuk pemilihan spesifikasi komputer usahakan dengan spesifikasi menengah yang sudah menggunakan VGA tambahan atau off board. Contoh spesifikasinya anda dapat mengunakan komputer dengan procecor Intel atau AMD dengan speed 3,0 Ghz ke atas atau Intel Dualcore dan AMD A-6, gunakan juga VGA card PCI-Ex dengan memory 1 GB, untuk memory/RAM atau gunakan kapasitas 4 GB, Harddisk 500 GB kapasitas harddisk yang besar saat ini dibutuhkan karena banyaknya game-game online saat ini , Monitor 19″ LED. Sebaiknya anda tidak menggunakan komputer-komputer bekas Pentium 4 karena komputer ini tidak akan kuat digunakan untuk bermain game online.
    2. Network/Jaringan Komputer
    Jaringan komputer di Warnet termasuk jaringan yang sangat sederhana, namun jika tidak dipelajari dan salah dalam memasang jaringan pasti antar komputer tidak akan saling terkoneksi. Biarpun nantinya terkoneksi tetap saja jaringan tersebut akan bermasalah. Untuk cara pemasangan jaringan komputer pada warnet, anda tinggal memasang kabel LAN pada tiap-tiap komputer dan menghubungkannya dengan switch hub. Berikut di bawah ini Topologi Jaringan Warnet :
    topologi warnet
    3. Router
    Router ini biasanya digunakan sebagai gateway dan manajemen bandwith untuk komputer-komputer di warnet Anda. Untuk Router biasanya warnet menggunakan Mikrotik sebagai router dan gatewaynya. Pilihlah router yang mempunyai kualitas baik dan mereknya sudah terkenal
    4. Billing
    Siapkan 1 PC sendiri yang digunakan untuk billing server di warnet Anda, fungsi billing Server ini adalah untuk mencatat penggunaan waktu di client dan jumlah pembayaran di client warnet Anda. Untuk program billing anda dapat menggunakan Cyberbilling, Billing Explorer, PIKA Billing atau Smart Billing. Saat ini banyak warnet-warnet menggunakan Smart Billing, Smart Billing ini adalah software dari Taiga billing ini dapat anda gunakan dengan gratis. Berikut adalah cara instalasi Smart billing.
    5. Koneksi Internet
    Untuk koneksi internet pilihlah koneksi yang stabil dan baik yang ada di daerah Anda, anda dapat menggunakan Speedy dari PT. Telkom Indonesia atau menggunakan provider-provider ISP swasta yang ada di daerah anda. Pilihlah jenis kecepatan koneksi sesuai dengan jumlah komputer client di warnet Anda. Contohnya anda membangun 15 PC komputer maka gunakanlah Speedy dengan kecepatan 3 Mb atau untuk koneksi internet ISP swasta gunakanlah kecepatan 2 Mb IIX dan 512 Kbps INT.
    6. Mebeller / Meja Kursi
    Buatlah sendiri meja kursi sesuai dengan tata lempat ruangan warnet anda agar terasa nyaman, selain itu dengan membuat sendiri anda dapat menghemat anggaran dari pada membeli meja yang sudah jadi di toko. Posisikan meja komputer anda menghadap ke tempat yang terbuka agar anda dapat mengontrol para pemain di warnet Anda secara langsung.
    7. Sumber Daya Manusia (SDM)
    Jika warnet yang ingin anda bangun akan di isi lebih dari 20 unit komputer dan beroperasi selama 24 jam, maka tidak mungkin anda mampu mengurusnya sendiri. Jadi pastinya anda akan merekrut karyawan, pastikan karyawan yang anda rekrut mempunyai pengetahuan tentang komputer, agar jika ada permasalahan dapat diatasi sendiri. Selain itu juga yang wajib dimiliki adalah sifat jujur.
    foto diambil dari : http://www.warnet-jippo.net